Ada teman yang bertanya kepada saya, apakah investasi itu harus? Wajib? Emang kenapa sih kalau ga investasi? Apakah takut nanti uangnya ga cukup  buat uang sekolah anak? Buat beli mobil? Kenapa ga nabung di bank saja?

Hmm… pertanyaannya banyak juga ya? Gimana kalau kita lihat satu-satu? Jadi biar seperti tanya jawab gitu ya?

Tanya (T): Apakah investasi itu harus? Wajib?

Jawab (J): Tidak harus, kalau Anda tidak ingin berinvestasi ya tidak perlu. Tidak ada yang mewajibkan Anda berinvestasi

T: Kenapa sih kalau tidak investasi?

J: Ya ga kenapa-kenapa juga.. namanya juga investasi, pengorbanan dilakukan sekarang untuk diambil hasilnya di masa depan nanti. Kuatirnya kan kalau tidak investasi sekarang, nanti di masa depan ada kebutuhan yang cukup besar tapi kita tidak ada uangnya.

T: Apakah takut nanti uangnya ga cukup  buat uang sekolah anak? Buat beli mobil?

J: Jika itu adalah ketakutan/kekuatiran Anda, maka Anda perlu berinvestasi. Saya pribadi memiilki kekuatiran itu.

T: Kenapa ga nabung di bank saja?

J: Ada pasti kenal istilah yang namanya inflasi kan? Menurunnya nilai uang Anda simpelnya itu. Nah, return tabungan Anda di bank saat ini (+/- 4%)  tidak mampu mengimbangi tingkat inflasi (+/- 10-12%). Alhasil nilai uang Anda akan turun sehingga di masa depan nanti tidak cukup nantinya untuk kebutuhan Anda.

T: Rejeki sudah ditentukan Tuhan, ga perlu kuatir bukan? Ga perlu investasi..

J: Apakah itu artinya Anda diam saja? Tidak berusaha, melakukan ikhtiar? Tidak menjemput rezeki Anda? Jika Anda yakin dengan tidak berinvestasi maka akan ada rezeki nanti ya ga papa juga.. ga ada yang mewajibkan juga kok. Toh minimal Anda pasti menabung kan untuk persiapan di masa depan, entah di bank, entah beli emas.. at least ada perencanaan.. atau nabung aja juga enggak? Ya ngga apa-apa juga sih.. it’s your choice.

T: Kan bisa ngutang kalau uangnya kurang?

J: Iya benar, bisa ngutang.. kalau di bank ada bunganya, ada marginnya. Kalau minjem di orang tua mending, bisa tanpa margin. Tapi terus Anda meninggal, hutangnya siapa yang melunasi? Istri? Anak? Udah punya asuransi belum?

Well.. tidak ada yang mewajibkan Anda berinvestasi. Namun dalam perencanaan keuangan, investasi merupakan salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan agar kehidupan Anda dan keluarga di masa depan dapat berjalan dengan baik.

Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s